Senin, 03 Maret 2014

Keajaiban Dunia : Volubilis di Maroko, Situs Warisan Dunia UNESCO

Situs Budaya Volubilis di Maroko


Pada tahun 45 SM Empaire Roma mencaplok daerah Kerajaan Mauritania di Afrika Utara, ketika Kekaisaran Claudius resmi memerintah daerah itu. Yang kemudian daerah itu bernama Volubilis. Situs ini terletak pada Koordinat 34004’16’’LU 5033’13’’BT / 34,071110LU 5,553610BB. Situs ini masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO kawasan Afrika dan di kukuhkan pada tahun 1997M.


Sebagai suatu daerah yang menjadi pusat peradaban Kerajaan Mauritania di kawasan Afrika utara Volubilis tidak pernah mampu di taklukkan secara menyeluruh, karen pusat kota ini terletak sangat jauh dari Empaire Romawi dan sangat terpelosok. Kekaisaran Roma tidak pernah mampu menaklukkan suku-suku Berber dari Atlas.

Reruntuhan yang ada sekarang di Volubilis merupakan peninggalan sejarah pada abad ke-2 dan 3 SM. Diantara Monumen ini dapat diketahui bahwa daerah ini merupakan pusat kegiatan masyarakat yang maju dan menegaskan akan kemakmuran Volubilis sebagai ibu kota Kerajaan. Tanah di sekitar Monumen Volubilis adalah lahan yang paling subur di Afrika Utara, karenanya daerah ini menjadi pusat pertanian Zaitun  dan Gandum yang di Ekspor ke Roma, selain Zaitun dan Gandum pedagang dari Volubilis juga menjual Hasil Laut ke Eropa. Bahkan menurut beberapa sumber berupa catatan Volubilis juga menjual Singa dan Beruang Barbary ke Eropa khususnya ke Roma dan Inggris yang  digunakan sebagai permainan dan hewan peliharaan di Kekaisaran Romawi.





















Kebudayaan di Volubilis bercorak campuran antara Budaya Berber lokal, Abraham, Yahudi dan Kristen sampai abad ke tujuh Masehi sebelum Islam menaklukkan kawasan ini. Namun penduduk yang paling Mayoritas di  Volubilis Suku Berber dan terus mendominasi sampai dengan abad ke-8 samapai abad 12 M. Monumen ini kemudian di curi oleh orang Eropa, beberapa Marmer istana yang berupa Moulay Ismail di Istana Meknes di jarah. Sisa bangunan kemudian Hancur lagi akibat Gempa Bumi Lisbon pada tahun 1772 M.

Kini Situs ini merupakan tujuan Wisata baik Lokal maupun Mancanegara, situs ini siap dikunjungi setiap hari dan mulai buka pada jam 09:00 waktu setempat. Selanjutnya situs bersejarah ini menjadi Museum Nasional dan memajangkan banyak Patung dan Altar yang sudah ada sejak abad ke-2 SM.

Sebagian Artefak dan peninggalan Sejarah berupa barang Pekakas dari Perunggu, Besi dan Emas ditempatkan di Museum Arkeologi di Rabat. Meski demikian Museum Terbuka di Volubilis masih tetap menarik karena mempertahankan Mosaik yang berwarna cerah dan memberikan gambaran sebenarnya dari kehidupan disana.

Monumen yang paling terkenal dari Kompleks Volubilis adalah yang berada di bagian Utara Komleks, karena masih terdapat gudang dan industri Minyak Zaitun dan Gandum yang bertahun sekitar abad ke-1 Masehi. Dan jalan menuju Museum Terbuka Volubilis di hubungkan oleh Jembatan di atas Danu Kecil Oued Fertassa.

Di dalam Komleks ini juga terdapat House of Orpheus, yang berupa sebuah Kompleks yang berisi Kamar Besar yang merupakan bagian dari sebuah rumah besar salah satu pedagang terkaya di kota itu. Di dalam House of Orpheus terdapat sebuah Kamar Mandi yang dirancang khusus dengan Motif Mosaik Lumba-Lumba yang setengah utuh. Dan dikawasan yang sama dari House of Orpheus terdapat sebuah Ruang Pengadilan dengan teras kecil. Nama bangunan ini di ambil dari tulisan Mosaik yang ditemukan di tengah-tengah bangunan ini yang bertuliskan Orpheus Mitos .























Di dalam Kompleks  House of Orpheus terdapat pula sisa-sisa Galen Baths, yang berupa pemandian umum utama kota ini, yang kemudian di renovasi oleh Kaisar Gallienius pada Abad Kedua Masehi.

Meskipun banyak Mosaik yang rusak, namun ini jelas menunjukkan bahwa peradaban disana memiliki sistem pemanas yang sangat berkembang di bawah tanah yang digunakan dalam Pemandian Romawi.

























Tepat di atas House of Orpheus adalah bangunan Publik Utama Kota ini  yang berupa Capitol, Basilika dan Forum. The Capitol, yang lebih kecil dari bangunan, yang memiliki tahun pembuatan sekitar 17 SM dan didedikasikan untuk kultus resmi negara dari Jupiter, Juno dan Minerva. The Basilica besar Lima Aisled yang berada di samping House of Orpheus adalah gedung pengadilan sementara. Dan di bagian utara dari House of Orpheus terdapat Kompleks Pasar Kota yang seluas 1300 meter persegi.

Lebih jauh ke utara dari bangunan umum utama kota, di sebelah kiri dan tepat sebelum Triumphal Arch, adalah House of Olahragawan juga dikenal sebagai House of the Acrobat. Ini memiliki Mosaik yang mengesankan yang menggambarkan seorang Atlet disajikan dengan piala untuk memenangkan perlombaan.

Marmer Triumphal Arch, tepat di tengah-tengah Volubilis, didirikan pada tahun 127 SM untuk menghormati Kaisar Caracalla Severian dan ibunya, Julia Donna. Lengkungan ini diatasi oleh kereta Perunggu dan dengan Kolom Korintus yang tetap merupakan Monumen yang mengesankan. Di bagian timur terdapat Bukit yang memberikan pemandangan indah.
Rumah-rumah berbaris di sepanjang jalan dari kedua sisi yang memuat beberapa rumah dan Mosaik terbaik dari Kebudayaan Volubilis. Rumah pertama bernama House of the Ephebus. Tata letaknya sangat mirip dengan House of Orpheus.

Beberapa dari rumah-rumah di blok berikutnya menampilkan mosaik yang sangat baik: berupa Buruh Hercules dan Nymphs Mandi. Yang pertama adalah hampir karikatur komik, menceritakan Dua Belas Tenaga Kerja Hercules.
Kinis setelah Islam berkembang disana, nama-nama lokasi dan pelayanan public banyak berubah mengikuti nama Nabi-Nabi dalam Islam dan nama bebetapa Sahabat Nabi diabadikan menjadi nama ruas jalan.

Tidak ada komentar: