Minggu, 02 Maret 2014

Penelitian Bisnis: Difinisi Penelitian Bisnis

Difinisi Penelitian Bisnis;

Pendifinisian penelitian itu sangat beragam tergantung dari background / latar belakang ahli yang mendifinisikannya, Bidang ilmu yang akan diteliti dan latar penelitiannya. Beberapa dari mereka ingin mengetahui Difinisi Penelitian secara lebih spesifik sebelum beranjak ke Metodelogi Penelitian.

1.      Penelitian bisnis adalah suatu proses sistematis dan obyektif yang meliputi pengumpulan, analisis data untuk membantu pengambilan keputusan bisnis (Zikmund, 2000: 5).

2.      Suatu penelitian sistematis yang memberikan informasi untuk menuntun keputusan bisnis (Cooper & Emory, 1995: 11).

3.      Suatu upaya sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki suatu masalah yang muncul dan dunia kerja yang memerlukan solusi (Sekaran, 2000: 3). 

4.  Suatu investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis mengenai suatu fenomena yang menjadi perhatian pengambilan keputusan manajerial (Davis & Cosenza, 1993: 9).

Kesimpulan sederhana untuk penelitian bisnis adalah; “penelitian bisnis merupakan suatu proses pengumpulan, pencatatan, dan analisis data yang sistematis untuk pengambilan kesimpulan yang objektif dalam rangka membantu dalam pembuatan keputusan-keputusan bisnis”.


Perhatian pokok dalam penelitian bisnis adalah proses perubahan pembuatan keputusan yang selama ini dilakukan berdasarkan intuisi atau keinginan pimpinan menjadi pengambilan keputusan yang berdasarkan pada proses investigasi ilmiah yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Agar diperoleh hasil dan penyelesaian yang lebih baik.

Tidak ada komentar: