IMAM AL- GHAZALI ATAU IMAM GAZALI
Masa Hidup Imam Al- Ghazali
Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad
Ibnu Muhammad Al-Ghazali, yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator
islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran
bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H,
bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus
wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di
dunia islam
Imam Al-Ghazali
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana,
ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil
tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat keagamaan yang tinggi,
seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama dan mengharapkan anaknya
menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat kepada umat.
Itulah sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya
(
Imam Al-Ghazali
) dan saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada
teman ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana
tidak menjadikan
Imam Al-Ghazali
merasa rendah atau malas, justru beliau semangat dalam
mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, dikemudian beliau menjelma menjadi
seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup
dalam kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456)
Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan
Imam Al-Ghazali
dalam memulai pendidikannya di
wilayah kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar
ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar
pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli tasawuf),
ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan
mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau
mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist
yang beliau pelajari, antara lain :
Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al
Khawani
Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar
Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai
Imam Al-Ghazali
(ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf
Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk
belajar fiqh pada imam Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh
sampai mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik,
membaca hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang
luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian
Imam Al-Ghazali
pergi ke
Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab
al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau
mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud
filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam
berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan
ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral
Ismailli di Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun
di tempat kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar
tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali
berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut
Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi,
Imam Al-Ghazali
menjadi pembahas paling
pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau
tetap setia terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum
al Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk,
perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al
nidzhamiyah. Di Naisabur ini
Imam Al-Ghazali
sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur
menuju negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau
mendapat kehormatan untuk berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenengkan ini, namanya semakin populer dan disegani karena keluadan ilmunya.
Pada tahun 484 H/1091 M, imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di
madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal.
Selama megajar di madrasah dengan tekunnya
Imam Al-Ghazali
mendalami filsafat
secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan
Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti al
maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M,
Imam Al-Ghazali
dilanda keraguan
(skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat).
Keraguan pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau
menderita penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al
Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah
nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus,
selam kira-kira dua tahun
Imam Al-Ghazali
di kota Damaskus beliau melakukan
uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis Palestina
untuk melakukan ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan
ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah Saw
.
Sepulang dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota
kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis
sampai berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya
yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious (
menghidupkan kembali ilmu agama).
Karena disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di
Naisabur tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para
fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus)
beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat
mengatakn, Ahmad saudaranya
Imam Al-Ghazali
berkata pada waktu shubuh, Abu
Hamid berwudhu dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain
kafan untukku kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua
matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk menemui Al Malik
kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap kiblat.
Imam Al-Ghazali
yag bergelar
hujjatul islam itu meninggal dunia menjelang matahari terbit di kota
kelahirannya (Thus) pada hari senin 14 Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al
Ghazali dimakamkan di Zhahir al Tabiran, ibu kota Thus.
Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam
al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya
guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar
imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al
Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam
Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al
Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya
mengajar dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru
dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau
mengajar di madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau
adalah :
1.
Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518
H), semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada
imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath,
al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi
(w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali.
Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad
Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al
Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam
Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur
(476-584 H), beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya
beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H),
beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah
minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.
Dengan
demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara murid–murid beliau
kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid beliau menjadi ulama
besar dan pandai mengarang kitab.
Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan
lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya
adalah :
1.
Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan
berisi masalah-masalah filsafah.
2.
Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini dikarang
sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa keragu-raguan. Dalam buku
ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para filusuf dengan keras.
3.
Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4.
Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini merupakan
karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan berpindah-pindah
antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi panduan fiqih, tasawuf
dan filsafat.
5.
Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini merupakan sejarah
perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan merefleksikan sikapnya
terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai tuhan.
6.
Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7.
Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang
akhlak dan tasawuf.
8.
Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9.
Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10.
Ayyuha al walad.
11.
Al musytasyfa
12.
Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13.
Mizan al amal.
14.
Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan
kesalamatan dari kejahatan).
15.
Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16.
Al washit (yang pertengahan) .
17.
Al wajiz (yang ringkas).
18.
Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19.
Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang
nasehat kepada para raja).
20.
Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul
fiqih).
21.
Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil (obat orang
dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara penglihatan).
22.
Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23.
Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24.
Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25.
Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun
kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya dan
tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum
al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk,
perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al-
nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu
Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M)
Setelah
gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk
berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenangkan ini, namanya
semakin populer dan desegani karena keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al-Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini
dijelaskan dalam bukunya al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah
dengan tekunnya imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama
pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al
Falasifah.
Pada
tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap
ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaannya
dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau menderita penyakit selam
adua bulan
Tim Penyusun Ensiklopedi
Islam, Ensiklopedi Islam, ( Jakarta : Van Hoeve Letiar Baru, 1997 ),
cet. Ke 4, hal. 25
Imam Al Ghazali, Pembuka
Pintu Hati, ( Bandung : MQ Publishing, 2004), cet. 1, hal. 4
M. Hasan,
Perbandingan Madzhab, ( Jakarta : PT Raja Granfindo Persada, 2006 ) cet. Ke
4, hal. 267
Himawijaya, Mengenal
Al Ghazali Keraguan Adalah Awal Keyakinan, ( Bandung : Mizan Media Utama
MMU, 2004 ), cet. Ke 1, hal. 15
Hudari Bik, Tarikh
Al Tasri Al Islam, ( Semarang : Darul Ihya, 1980 ), terj. Zuhri, hal. 570
Himawijaya, Loc.
Cit. hal.
Imam Al Ghazali, Ihya Ulumuddin, ( Beirut : Darul
Ma’rifah, tth ), juz 1, hal. 7
Imam Al Ghazali, Pembuka Pintu Hati, Loc. Cit,
hal. 266
M. Hasan,
Perbandingan Madzhab, Loc. Cit. hal. 267
Tidak ada komentar:
Posting Komentar