Sabtu, 01 Maret 2014

Abu Hurairah

Abu Hurairah Ra

Abu Hurairah lahir sekitar tahun 598 M. Sebagian pendapat menyebutnya lahir sekitar 20-21 tahun sebelum Hijrah. Tentang nama dari Abu Hurairah terdapat beberapa pendapat, seperti Ibnu Hisyam mengatakan nama Abu Hurairah adalah Abdullah bin Amin. Pendapat yang lain menyebutkan namanya adalah Abdus Syams. Di panggil Abu Hurairah karena beliau adalah seorang pecinta Kucing dimasa mudanya.

Dari beberapa pendapat bahwa Abu Hurairah adalah keluarga dari kabilah Bani Daus dari yaman utara. Sejak kecil beliau adalah seorang yatim. Pada masa mudanya dia bekerja pada Bazrah binti Gahawan dan menikahinya setelah beliau masuk Islam.

Abu Hurairah masuk islam setelah diajak oleh Thufail bin Amr. Yang mana Thaufil bin Amr merupakan pemimpin bani Daus, yang sebelumnya telah menemui Rasullallah SAW dan memeluk islam. Beliau mengajak Abu Hurairah untuk masuk islam. Kemudian Abu Hurairah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW di Mekkah, yang oleh Nabi namanya dirubah menjadi Abdurrahman.

Setelah menyatakan ke-Islamannya Abu Hurairah kembali ke kampungnya sebentar dan menikahi Bazrah bin Gahawan di yaman. Dengan nama barunya yaitu Abdurrahman bin Shakhr. Pada masa kekhalifahan Umar beliau lebih dikenal dengan nama Abdurrahman bin Shakhr al-Azdi.

Abu Hurairah bergabung dengan pengikut nabi Muhammad SAW pada tahun 629 M dan menjadi kalangan muhajjirin di Madinah. Keluarganya sangat menentang masuknya Abu Hurairah ke dalam Islam, hingga suatu ketika Abu Hurairah meminta rasulallah untuk mendoakan ibunya agar masuk Islam dan Do’anya terkabulkan hingga Ibunya masuk islam dan ikut serta dalam kelompok Muhajjirin satu tahun setelah itu.

Abu Hurairah termansuk Sahabat Nabi yang banyak meriwayatkan hadits dari Nabi Muhammad SAW dan selalu mengikuti nabi hingga wafatnya. Tokoh Hadits dan Ulama lebih mengenal beliau karena beliau, Abu Hurairah, merupakan periwayat Hadits nabi yang paling banyak. Dan dalam hadits dari kalangan Sunny beliau menempatkan posisi paling depan dalam Isnad Hadits. Jumlah Hadits yang diriwayatkan oleh beliau adalah 5.374 hadits.

Imam Bukhari pernah ditanya mengenai sahabat Abu Hurairah berkenaan dengan hadits yang diriwayatkan oleh beliau. Imam Bukhari menyebutkan “Tercatat lebih dari 800 orang perawi hadits dari kalangan Sahabat dan tabi’in yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah”. Diantara ahli Hadits yang meriwayatkan dari Abu Hurairah diantaranya; Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Anas bin Malik, Jabir bin Abdullah dan lainnya.

Abu Hurairah pernah menjabat sebagai Gubernur di Basrah pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab. Pada tahun 678 atau tahun 59 H, Abu Hurairah jatuh sakit, meninggal di Madinah, dan dimakamkan di Baqi'.

Tidak ada komentar: